Selasa

Menkominfo : Kiamat Internet Hanya Isu Namun Tetap Waspada

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring mengatakan kabar kiamat internet  yang beredar secara luas hanya merupakan isu belaka. Namun demikian masyarakat diminta untuk tetap waspada dengan terus meningkatkan sistem keamanan komputer dan internet.

“Informasi tentang kiamat internet tersebut hanya merupakan suatu isu belaka. Namun masyarakat untuk tetap waspada dengan terus meningkatkan sistem keamanan komputer dan internet,” kata Tifatul dalam siaran pers Pusat informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Minggu (8/7).

Menurut Tifatul, peningkatan sistem keamanan penggunaan komputer dan internet tersebut dapat dilakukan dengan melengkapi fasilitas antivirus di komputer dan melakukan pembersihan komputer secara berkala dengan fasilitas tersebut.
Seperti apakah yang terjadi tentang kiamat internet?, Pusat informasi dan Humas Kementerian Kominfo  mengatakan pada jam 12.01 Eastern Standard Time (EST) tanggal 9 Juli 2012 ( Indonesia tanggal 10/ mungkin ) bertepan FBI akan mengadakan pembersihan terhadap DNSchanger dalam bentuk penutupan server yang berbahaya dari virus tersebut.
Kemudian, pada saat yang bersamaan FBI juga sedang mendirikan dua server baru untuk membantu menghubungkan pengguna yang terinfeksi ke internet.

Dalam hal ini kewenangan FBI  adalah sah, karena sebagai sebuah biro investigasi di AS, maka ruang lingkup kerja FBI adalah menjalankan fungsi pengamanan, intelijen dan pnegakan hukum federal di dalam negeri Amerika Serikat.

Disebutkan juga, tindakan ini dilakukan setelah sebelumnya sekitar 9 bulan yang lalu FBI berhasil menemukan suatu cyber attact yang sangat massiv dan mengejutkan di Estonia, dan kemudian FBI berhasil menangkap 6 hacker yang berhasil menginfeksi virus malware DNS Charger di lebih dari empat juta komputer di dunia.
Bagi masyarakat yang bermaksud mengetahui apakah komputernya akan terpengaruh atau tidak oleh virus DNS Changer maka bisa mengklik langsung ke situs milik DCWG atau kelompok yang didirikan untuk mengatasi DNS Changer. (depkominfo/mas)

0 komentar:

Posting Komentar

jangan segan berkomentar ya, beri saran dan jika ada link yang mati atau file tidak berkerja.
terima kasih.