Selasa

Laptop/Komputer Blue Screen

hmm, buat sebagian orang yang sering berhadapan langsung dengan komputer atau laptop. pasti kenal dengan yang namanya blue screen. misalnya lagi main game, tiba tiba muncul bluescreen disusul laptop restart, lagi enak enak browsing tiba tiba muncul bluescreen. jelas hal ini berbahaya bagi kesehatan laptop atau komputer kita (gak cuma manusia aja yang harus dijaga kesehatan nya, laptop atau komputer juga perlu, hohoho). penyebab blue screen bermacam macam. kali ini saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang bluescreen dan penanganan nya.
bluescreen yang kadar nya masih ringan, kadang bisa terselesaikan dengan merestart laptop atau komputer kita. bluescreen yang ringan biasanya hanya muncul sekali saja, lalu tidak muncul lagi di kemudian hari.
bluescreen juga bisa disebabkan karena laptop atau komputer menjalankan program yang rusak, program yang dijalankan tidak kompatibel dengan OS, kehilangan salah satu atau beberapa komponen penjalan program (bisa diakibatkan virus atau keteledoran pengguna nya sendiri, haha). pencegahan nya yaitu memperhatikan kapan blue screen itu muncul, jika bluescreen muncul saat atau sesaat setelah menjalankan program tertentu, maka hal pertama yang dapat anda lakukan adalah reinstall atau repair program tersebut. jika hal itu sudah dilakukan tapi bluescreen masih juga muncul, saya sarankan anda periksa spesifikasi dari program tersebut, apakah program tersebut sudah kompatibel dan stabil dengan OS (operating system) yang anda pakai ? jika tidak, anda lebih baik melakukan upgrade program tersebut dengan versi yang lebih baru  atau yang sudah kompatibel dan stabil dengan OS yang anda pakai. trus kalo masih juga ? (wah bandel blue screen nya) saya sarankan anda ganti program tersebut dengan yang lain tapi masih memiliki fungsi yang sama untuk aktivitas anda, atau mengganti OS anda dengan OS yang benar benar cocok dengan program tersebut.
bluescreen terkadang disebabkan karena kesalahan registry, atau registry error. lakukan pengecekan dan pembersihan registry dengan atau tanpa program tune-up PC di laptop/komputer anda. program pengecekan dan pembersihan registry banyak tersedia secara gratis yang bisa anda download langsung. bersihkan registry anda secara berkala untuk menjaga performa laptop/komputer agar tetap optimal.
periksa kepingan RAM laptop atau komputer anda, karena bluescreen bisa juga disebabkan karena posisi RAM kurang pas atau longgar. jika anda ragu untuk melakukan hal ini, anda bisa minta tolong teman anda yang mengerti tentang bagian dalam komputer atau teknisi di tempat service komputer.
sampai sini dulu saran dan pengalaman saya tentang bluescreen. mudah mudah an dapat berguna untuk teman teman yang lain. mungkin jika saya dapat pengalaman baru lagi, insya Allah saya akan bagi lewat blog ini.

tips dari saya,
jangan malas untuk me recovery data anda,akan lebih baik jika anda mamiliki hardisk khusus untuk menyimpan data yang anda sayangi dan sering - seringlah kunjungi customer service dimana anda membeli komputer/laptop untuk konsultasi..

0 komentar:

Posting Komentar

jangan segan berkomentar ya, beri saran dan jika ada link yang mati atau file tidak berkerja.
terima kasih.